27/09/2015

Ilustrasi Buku: Ini-Itu Demokrasi

Bulan Mei-Juli lalu adalah bulan yang sibuk dan penuh berkah untuk saya. Saya diajak Farhanah & Afra menjadi ilustrator glosarium demokrasi untuk anak muda, berjudul Ini-Itu Demokrasi. Saya mengerjakannya bersama sekelompok anak muda paling keren di kantor paling cihuy yang saya tahu, Pamflet Generasi.

Kami juga didukung oleh penataletak yang handal, Rio Farabi. Meski kami sering ditinggal tur keliling dunia (bersama bandnya Whiteshoes & the Couples Company), tapi lembaran-lembaran tulisan yang tadinya melulu huruf, menjadi luar biasa kecenya! Termasuk gambar saya yang tadinya biasa saja tanpa aksen hijau toska, disulap jadi semakin menarik.

Terima kasih atas kesempatan ini ya, teman-teman! Buku ini sudah tersedia di toko buku Gramedia sejak 31 Agustus 2015.

Ini Itu Demokrasi_cover
Ini Itu Demokrasi_4
Ini Itu Demokrasi_2
Ini Itu Demokrasi_6
Ini Itu Demokrasi_3
Ini Itu Demokrasi_5
Ini Itu Demokrasi_8
Ini Itu Demokrasi_7
Ini Itu Demokrasi_1

INI-ITU DEMOKRASI

Penulis: Tim Pamflet Generasi
Penyunting: Farhanah, Redaksi KPG
Perancang Sampul & Ilustrator: Indriani Widiastuti
Penataletak: Rio Farabi
Halaman: 255 halaman
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) Jakarta
Tahun: 2015

Peluang anak muda untuk turut aktif dalam politik semakin terbuka, Hal ini didukung oleh keterbukaan informasi dan menguatnya hak kebebasan berkespresi dalam rezim politik yang lebih demokratis pasca-1998. Berbeda dengan zaman orde baru, anak muda saat ini lebih bisa menyampakan pendapatnya melalui lebih banyak kanal, salah satunya media sosial. Walau demikian, demokrasi yang kita nikmati saat ini masih memiliki banyak tantangan. Salah satunya membuat partisipasi politik anak muda jadi makin diperhitungkan dan bermakna. Pertama dapat dimulai dengan memastikan anak muda mendapatkan pendidikan politik dan demokrasi yang memadai. Pendidikan dan pertukaran pengetahuan politik-demokrasi di kalangan anak muda semestinya berlangsung dengan cara yang menyenangkan, serta berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Untuk itu buku Ini-Itu Demokrasi disusun. Buku ini merupakan bagian dari proyek Youth Rights Now yang didukung oleh Hivos Regional Southeast Asia, serta merupakan kerjasama antara Demos, Pamflet dan Sekitar Kita.

4 comments:

  1. Replies
    1. Hai! Terima kasih atas apresiasinya, iya isi bukunya juga bagus banget. Saya sendiri aja belajar beberapa istilah baru seperti "gerontokrasi", yang belum pernah kudengar sebelumnya.

      Delete
  2. Suka banget sama isi, desain dan ilustrasinya. Terima kasih sudah berkarya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, semoga terinspirasi!

      Delete